Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Durian Unggulan di Indonesia

Beberapa minggu ini, di pasar sering saya jumpai buah durian yang dijual dengan dijejer atau digantung menggunakan mobil bak terbuka di parkiran pinggir jalan. Sepertinya durian-durian ini bukan dari daerah saya, karena selain penjualnya berbeda, plat mobilnya juga kadang mobil-mobil plat daerah pegunungan seperti daerah Banjarnegara, Wonosobo, dan sekitarnya. 

Saya memang sedari kecil sampai sekarang tidak begitu suka dengan buah durian, terutama karena baunya yang menyengat. Namun bagi sebagian atau banyak orang yang suka, buah ini memiliki cita rasa yang khas serta tentunya aroma yang spesial di banding jenis buah-buahan lain. Tidak heran jika buah unik satu ini diberi julukan sebagai si raja buah (King of Fruit). 

Durian adalah nama buah dari tumbuhan tropis yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. Buah durian memang istimewa. Meski kulitnya berduri tajam, buah ini memiliki aroma yang khas dan daging buah yang enak sehingga disukai oleh banyak orang. Sama halnya dengan buah-buahan lain, durian juga memiliki beragam jenis yang biasanya tergantung pada daerah asal durian tersebut.
Ada banyak jenis buah durian yang ada di Indonesia, namun pada artikel kali ini saya hanya akan sebutkan beberapa jenis durian yang cukup populer dan menjadi unggulan di masyarakat kita. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis durian yang ada di Indonesia.

1. Durian Montong


Durian montong merupakan salah satu jenis durian yang paling populer di Indonesia. Saat ini, durian montong menduduki peringkat teratas sebagai durian termahal di Indonesia. Bahkan kabarnya ada yang satu buahnya dihargai hingga mencapai 1 juta rupiah. Buah yang banyak dibudidayakan di daerah Kalimantan ini memiliki ukuran yang cukup besar, berbentuk lonjong tidak beraturan, dan memiliki daging buah yang tebal, manis dan beraroma harum. Dengan keunggulan-keunggulan ini, tidak heran jika jenis durian satu merupakan yang termahal di Indonesia.

2. Durian Mimang


Durian mimang merupakan durian varietas unggulan yang berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Durian jenis ini memiliki bentuk lonjong dan tidak terlalu besar, dengan diameternya sekitar 15 cm. Daging buahnya cukup tebal dengan warna keemasan, sedangkan bijinya kebanyakan kempes/ pipih. Keunggulan durian mimang adalah daging buahnya yang bertekstur agak berserat, berasa manis dan legit, pulen, kadar air sedikir, serta sedikit berasa alkohol. Dengan beragam keunggulannya ini, tidak heran jika durian mimang pernah menyabet juara 2 di kontes durian se-Asia Tenggara.

3. Durian Matahari


Disebut durian matahari karena jenis durian yang satu ini memiliki daging buah berwarna kuning keemasan seperti halnya sinar matahari. Durian matahari berasal dari Cimanggu, Bogor, Jawa Barat. Bentuk buahnya bulat panjang, berkulit tipis berwarna cokelat kehijauan dan memiliki bentuk elips dengan ketebalan 0,5-1 cm. Daging buahnya kering, berlemak, manis, legit, pulen, dengan tekstur halus dan aromanya yang cukup tajam. Kelebihan lain durian matahari adalah bijinya yang kecil atau bahkan tanpa biji sehingga daging buahnya lebih tebal.

4. Durian Candimulyo


Durian Candimulyo adalah durian varietas unggulan yang berasal dari kecamatan Candimulyo, Magelang, Jawa Tengah. Durian jenis ini memiliki ukuran yang cukup besar dengan ciri khas daging buahnya yang tebal. Bijinya masih lebih besar dari jenis durian unggul lainnya. Untuk rasanya, jenis durian satu ini memiliki rasa campuran manis dan sedikit pahit. Durian candimulyo ini memang belum sepopuler durian jenis lain seperti montong atau mimang, namun memiliki potensi besar jika dikembangkan dengan baik.

5. Durian Petruk


Durian petruk adalah durian hasil perkawinan dari durian Montong dan Candimulyo. Durian ini merupakan buah unggulan dari Jepara, Jawa Tengah. Durian petruk memiliki bentuk lonjong, dengan kulit buah yang tipis antara 3 mm, dan berwarna hijau kekuningan. Buah Durian petruk memiliki daging buah berwarna kuning dengan serat yang halus dan agak lembek. Rasa buahnya cenderung manis sedikit pahit dengan aroma yang tidak begitu menyengat. Durian ini cukup populer di kalangan para petani maupun penikmat durian karena memiliki biji kecil dan dagingnya yang tebal. 

6. Durian Sidodol


Durian sidodol berasal dari daerah Karang Intan, Kalimantan Selatan. Pohon buahnya memiliki kelebihan tahan terhadap serangan fusarium dan penggerek buah. Durian sidodol berukuran agak kecil, dengan bobot antara 1,5 hingga 2,5 kg. Kulit buahnya berwarna hijau kekuningan dengan duri-duri yang rapat, tumpul dan berbentuk kerucut. Durian ini memiliki daging buah yang cukup tebal, berwarna kuning, bertekstur halus, rasa manis, berlemak dan agak lembek serta bijinya kecil. Disebut durian sidodol karena bentuk buahnya yang katanya hampir sama dengan jajanan dodol.

7. Durian Bawor


Sepintas durian bawor ini memiliki kemiripan dengan durian montong, sehingga kadang ada yang sulit untuk membedakannya. Durian yang berasal dari Banyumas Jawa Tengah ini memang gabungan dari banyak varietas durian unggul yang dipadukan dengan okulasi. Keunggulan durian bawor adalah daging buahnya yang tebal, berwarna oranye, rasanya manis agak sedikit pahit, bijinya kecil, dan rasa yang lebih puket serta beralkohol. Berat buah matangnya rata-rata 6 – 9 kg dan maksimal dapat mencapai berat 15 kg. Karena memiliki kemiripan dengan durian montong, durian ini sering juga disebut sebagai Durian Montongnya Banyumas. 

8. Durian Bokor


Durian bokor merupakan salah satu jenis durian yang berasal dari Sukahaji, Majalengka, Jawa Barat. Ciri khas dari jenis durian satu ini adalah memiliki bentuk bulat panjang berwarna hijau sedikit kekuningan dengan duri-duri berbentuk kerucut besar dan jarang. Dagingnya memiliki ketebalan sedang dan berwarna kuning, serta mempunyai tekstur halus atau tidak berserat. Sedangkan rasa buahnya sangat manis dan memiliki aroma yang harum menyengat. Pohon durian bokor dikenal tahan terhadap serangan penyakit busuk akar, namun tidak kuat akan serangan hama pengerek.

9. Durian Ajimah


Kabarnya durian Ajimah adalah buah kesukaan Presiden pertama RI, Ir. Soekarno, sehingga kadangkala ada yang menyebut durian ini dengan sebutan durian Bung Karno. Durian ajimah berasal Ciomas, Bogor, Jawa Barat. Durian ajimah memiliki bentuk bulat, dengan ukuran buah tidak terlalu besar berbobot antara 1,5 – 3 kg. Kulit buahnya tipis berwarna hijau keabu-abuan, dengan duri-duri yang jarang dan berukuran besar. Daging buahnya berwarna kuning muda, sangat tebal, agak berserat dan kering. Sedangkan rasa buahnya manis sedikit pahit.

10. Durian Bubur

Durian Bubur adalah salah satu jenis durian yang berasal dari daerah Brongkol, Semarang, Jawa Tengah. Durian bubur mempunyai ciri khas bentuk buah bulat memanjang dengan duri runcing dan tersusun rapat. Kulit buahnya berwarna kuning kehijauan dan berjuring lima. Daging buahnya tebal, padat, dan bertekstur kesat dan kering. Rasanya manis dan mengeluarkan aroma yang harum. Dengan biji yang kecil, ukuran buah durian bubur cukup besar dengan rata-rata berat per buah antara 4-5 kg jika sudah siap dipanen. 

Demikianlah di antara jenis-jenis buah durian unggulan yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat.